Langsung ke konten utama

4 manfaat madu untuk kesehatan mulut dan bibir

1.Untuk mengobati sariawan
Sariawan merupakan radang yang terjadi pada mulut berupa bercak-bercak putih kekuningan. Sariawan menyerang bagian gusi, lidah, pipi bagian dalam, langit-langit rongga mulut dan bibir. Sariawan di bibir tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga sering menimbulkan rasa sakit atau perih terutama saat minum atau makan. Penyebab muncul sariawan biasanya karena kurang vitamin C, luka akibat kegigit dan terkena makanan atau benda berujung tajam, serta kebersihan mulut yang kurang terjaga sehingga menimbulkan jamur. Karena sariawan lebih identik sebgai akibat kurangnya vitamin C, maka pengobatan alami biasanya juga sering menggunakan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C-nya. Bahkan tidak hanya untuk mengobati sariawan, tapi manfaat jeruk lemon untuk wajah berjerawat, berminyak dan kusam.
Anda juga bisa mengobati sariawan dengan madu caranya :
  • Teteskan madu di area bibir yang terkena sariawan.
  • Lakukan rutin pada malam hari sebelum tidur dan di pagi hari.
  • Biarkan madu di bibir tidak perlu dibilas lagi agar kandungan zat di dalam madu meresep dan menyembuhkan.
  • Selain itu Anda juga bisa berkumur dengan madu dan air garam di pagi harinya bila sariawan ada juga di area dalam mulut.
Niscaya dengan rutin mengoleskan madu di bagian bibir yang kena sariawan ini akan membuat sariawan cepat hilang dan bibir kembali normal.
(baca juga : manfaat kopi untuk kulit)
2.Untuk mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah
Keadaan bibir kering dan pecah-pecah biasanya disebabkan karena bibir kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini bila dibiarkan terus menerus akan menyebabkan perih bahkan berdarah. Penyebab terjadinya keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah adalah :
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Faktor cuaca yang kering atau musim kemarau.
  • Alergi terhadap makanan, obat-obatan ataupun kosmetik.
  • Mengkonsumsi buah-buahan citrus yang bisa membuat kulit bibir terkena iritasi.
  • Sakit demam dan flu atau pilek.
Jika Anda mengalami bibir kering dan pecah-pecah, Anda dapat menggunakan madu sebagai salah satu cara melembabkan bibir. Cara menggunakan madu di bibir yang kering dan pecah-pecah adalah :
  • Oleskan madu pada bibir Anda yang kering dan pecah-pecah secara merata.
  • Lakukan juga pijatan-pijatan lembut saat mengoleskannya.
  • Biarkan madu meresap dan terbilas secara alami.
3.Untuk mengobati bibir yang kering dan hitam
Bibir yang kering dan hitam disebabkan karena kadar estrogen mengalami penurunan akibat bertambahnya usia. Sehingga proses regenerasi kulit melemah dan tidak mampu melindungi dan melembabkan. Akibatnya lama kelamaan kulit jadi mengendur atau mengkerut sehingga bibir menjadi terlihat kering dan hitam.Untuk itu penggunaan madu di bibir bisa menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini dan mengatasi penyebab keriput di usia muda.
Cara alami memerahkan bibir yang kering dan hitam dengan madu adalah :
  • Tuangkan madu ke dalam satu sendok makan.
  • Panaskan madu sampai encer dan mengeluarkan busa.
  • Setelah madu hangat suam-suam kuku, oleskan di bibir Anda.
  • Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.
  • Setelah 7 hari Anda akan mendapatkan bibir yang lebih segar dan merah merekah.
4. Untuk Memerahkan Bibir             
Anda pastinya ingin memiliki bibir yang merah merona. Memang untuk mendapatkan bibir merah kita bisa menggunakan pemerah bibir atau lipstik. Tetapi dengan menggunakan madu secara teratur, merupakan salah satu cara memerahkan bibir secara alami walau tanpa polesan lipstik yang patut Anda coba. Cara ini dianggap manjur karena madu dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir sehingga bibir dapat terlihat cerah dan merah. Dan Anda juga mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah dengan pemakaian madu ini.

Sumber:klinikkecantikan.co.id


Assalamualaikum wr.wb perkenalkan saya Runa siswi SMPN 38 Bandung ini adalah tugas TIK saya.Mohon maaf Bila ada kesalahan pengetikan.Terimakasih buat yang sudah membaca!Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat ikan goreng renyah tanpa kunyit tidak amis

Cara membuat ikan goreng tanpa kunyit                           Sumber:Wikipedia.com -Bahan 1.1,5kg ikan mas/lele/nila/gurame 2.Garam 3.Lada bubuk 4.Masako/royco 5.Bawang putih 6.Cuka/lemon/jeruk nipis -Cara membuat 1.Cuci ikan sampai bersih. 2.Jika ikannya besar,potong jadi 3 bagian,jika kecil sayat-sayat bagian perut ikan agar bumbu meresap. 3.Masukkan ikan ke dalam wadah besar 4.Tumbuk bawang putih dengan sedikit garam dan minyak goreng 5.Taburi ikan dengan 2 sendok makan garam,1 sendok lada putih,1/2 sendok masako,cuka/lemon secukupnya,lalu masukkan bawang putih yang sudah ditumbuk tadi lalu aduk rata. 6.Diamkan ikan selama 30-45 menit di kulkas. 7.Masukkan minyak goreng ke dalam wajan,tunggu sampai panas 8.Goreng ikan sampai kering dan berwarna kuning kekuningan.Jadi deh! FYI:blog buatan sendiri ga nge-copy hehe. Assalamualaikum wr.wb perkenalkan saya Runa siswi SMPN 38 Bandung ini adalah tugas TIK saya.Mohon maaf Bila ada kesalahan pengetikan.Terima

Cara memasak baby octopus enak empuk ala Sushi Tei

Cara membuat Chuka Idako ala Sushi Tei                            Sumber:opensnap.com Bahan-bahan 4 porsi 1/2 kg  baby octopus/bayi gurita, bersihkan 1 cup  saus teriyaki, untuk marinate 1/4 cup  kecap 2/3 cup  gula merah 1 siung  bawang putih, cincang halus 1 sdt  jahe, parut 1 sdm  cuka beras 2 sdm  biji wijen, panggang 1/2 cup  minyak wijen secukupnya  lobak, parut tipis Langkah 30 menit Campurkan semua bahan (kecuali lobak). Rendam baby octopus selama 3 di dalam lemari es Saring baby octopus, pisahkan. Masak saus dalam panci Kecilkan api agar saus agak dingin. Masukkan baby octopus, masak bersama selama 3-5 menit dengan api kecil Baby octopus yang telah matang memiliki tentakel keriting. Hindari memasak baby octopus terlalu lama karena menyebabkan tekstur menjadi alot Sisihkan baby octopus dari saus. Taruh parutan lobak di

Makan di Raa Cha Sukajadi

Raa Cha Raa Cha adalah restoran asal Thailand.Walaupun restoran asal Thailand,tetapi makanan nya bukan makanan asli Thailand lho!Bahkan makanan khas Thailand hanya ada sedikit saja.                            Sumber:Wikimapia.org Sistem makan Sistem makan di Raa Cha tidak all you can eat,tetapi mengambil lalu langsung membayarnya sesuai harga.Harga makanannya mulai dari Rp5000 sampai Rp40000an.Kuah nya gratis. Makanan Disini makanannya mulai dari makanan olahan seperti bakso,nugget dan lain-lain.Ada juga daging,ayam sapi Dan sayuran serta saos-saos yang beragam.Walaupun restoran Thailand,ternyata hanya ada 2 menu yang berasal dari Thailand yaitu Thai Tea dan kuah Tomyum.Di meja disediakan panci dan alat untuk membakar daging.                                     Sumber:anakjajan.com Tips: Kalau mau makan di Raa Cha,sebaiknya ambil makanan secukupnya karena harganya lumayan mahal. FYI:blog buatan sendiri ga nge-copy hehe. Assalamualaikum wr.wb perkenalkan saya Run